Sabtu, 08 April 2017

Hilangnya Kacamataku

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Cerita ini dimulai tentang sebuah kacamata. Kacamata ini dibeli dari sebuah ritel online di Indonesia dengan harga yang tidak terlalu mahal; sekitar di bawah 50 ribu rupiah. Dan betapa bahagianya aku dimana kacamata yang baru saja sampai di kos tampak mewah dan elegan, namun dengan harga yang miring. Pokoknya, kepuasan menjadi salah satu kesan pertama yang muncul saat pertama kali menggunakannya.

Senang pun tak bisa ditahan.

Entah lah, tiap memakai kacamata ini aku merasa “lebih” dibanding saat tidak ber-kacamata. Lalu, aku juga terkadang merasa lebih “tamvan” dari yang lain. Duh, sombongnya. Toh seseorang dilihat tampan atau jelita bagi orang yang melihatnya tampan atau jelita, bukan semua persepsi mengatakan sama persis. Selanjutnya, hari demi hari, perasaan percaya diri ini pun lama-kelamaan muncul. Selalu, terbersit dalam hati dan duhai nikmatnya kesombongan itu.

Dibalik semua sensasi yang aku rasakan saat ber-kacamata, ada beberapa alibi yang aku gunakan saat memakainya: mengurangi potensi iritasi pada mata akibat debu dan polusi, mengurangi intensitas cahaya yang dapat merusak mata, mengurangi angin yang dapat membuat mata merah dan berair saat berkendara, dan berbagai alasan-alasan lain yang memang kebanyakan orang mengatakan hal-hal tersebut adalah bullshit. Kebetulan memang lensa pada kacamata tersebut adalah 0 atau netral.

Nah, semakin lama dipakai, pandangan yang awalnya menunduk malu-malu dengan penampilan yang berbeda, mulai lah pandangan yang dulu tunduk mulai menegak. Mata yang dulu menatap jalan kini mulai jelalatan. Asiknya “mencuci mata” dalam keadaan percaya diri, kira-kira begitu lah kondisinya. Saat bersepeda, saat menaiki kendaraan, saat ke mall, saat ke kampus, saat bepergian malam hari, pokoknya di saat ada alasan seperti di atas untuk bisa menggunakan kacamata. Apalagi dengan alibi menarik perhatian wanita yang membuat hati klepek-klepek, ah sudahlah.

Lambat laun, seiring berjalannya waktu, ada sesuatu yang sangat mengganjal diri ini tentang kacamata tersebut. Tentang sebuah situasi dimana situasi tersebut lazim dirasakan banyak orang, apalagi aku. Ya, kacamata itu hilang. Singkatnya, saat kuletakkan di kamar kecil dan aku lupa mengambilnya.

Hati pun bertanya-tanya. Kira-kira ada yang salah kah dari kacamata itu? Apakah uang yang aku gunakan tidak cukup halal untuk bisa mempertahankannya barang setahun atau dua tahun? Toh, kiranya tidak ada orang yang tersinggung, walau siapa yang tahu? Apa aku sebagai seorang anak yang diasuh oleh orang tua yang mampu merasa “selaw” dengan barang-barang yang ku gunakan? Entah lah. Pikirku semakin kemana-mana. Kenapa bisa hilang? Kenapa bisa lupa? Kenapa petugas kebersihan yang aku tanya tidak tahu keberadaannya? Kenapa? Kenapa? Kenapa? Kenapa kacamata itu tidak kunjung kembali dengan cara yang ajaib? Kenapa bukan rezekiku? Ah, hikmahnya akan kutulis di bagian akhir.

Sampai saat cerita ini ditulis, khatib pernah berkata,

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَر۞َ

Di saat Muhammad Saw. kehilangan anak yang sangat beliau cintai, lalu Allah Yang Maha Kuasa menghibur beliau dengan kalimat, “Sesungguhnya engkau telah Kami diberi nikmat yang maha banyak” (QS. Al-Kautsar:1). Di saat Ya’qub As. kehilangan Yusuf As. dan beliau berkata,

قَالَ بَلْ سَوَّلَتْ لَكُمْ أَنْفُسُكُمْ أَمْرًا فَصَبْرٌ جَمِيلٌ وَاللَّهُ الْمُسْتَعَانُ عَلَى مَا تَصِفُونَ۞

“Ya'qub berkata: "Sebenarnya dirimu sendirilah yang memandang baik perbuatan (yang buruk) itu; maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Dan Allah saja lah yang dimohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan” (QS. Yusuf:18). Bahkan sekelas Nabi sekali-pun, kehilangan-kehilangan tetap Allah berikan. Hingga Ya’qub As. menjadi buta akibat memikirkan keberadaan anak yang sangat beliau cintai di saat umurnya yang telah tua renta, ditambah dengan kelakuan kakak-kakak Yusuf As. yang sebenarnya beliau benci namun tidak ditampakkan. Di saat Luth As. dihujani dan diluluh lantakkan teman hidup yang beliau cintai di saat kaumnya ingkar terhadap yang beliau katakan. Di saat Nuh As. kehilangan anaknya yang ditelan banjir. Di saat kita semua akan menghadapi kehilangan yang maha dahsyat kedua terberat, apa itu?

Kehilangan orang tua.

Entah lah, rasanya seperti hampa, walaupun aku belum pernah merasa dan pasti sepasti-pastinya akan merasa. Kehilangan sosok orang tua yang mewarnai hidup kita sejak lama, baik kandung maupun angkat, baik jauh maupun dekat, baik seagama maupun tidak. Mereka lah yang kiranya paling berharga dalam hidup kita atau orang kebanyakan. Dan semoga orang tua kita yang hidup dan telah berkelana di alam kubur, melihat kelakuan anak-anaknya, apakah bermanfaat baginya atau tidak, apakah membuatnya beruntung atau celaka, semoga, semoga, selalu dalam lindungan Allah Swt.
Namun, sebenarnya, bukan kehilangan orang tua yang menjadi kehilangan terbesar dalam hidup, menurutku, tapi kehilangan diri kita sendiri.

Sebuah kehampaan, sebuah kepasrahan, sebuah sensasi kesendirian yang digdaya. Putus seluruh amalan baik kecuali yang telah disebutkan Baginda Saw. dan tidak akan putus semua kejahatan yang telah kita ajarkan atau kita wariskan kepada orang lain. Kalau ada amalan kontinu tersebut, kalau tidak? Heh. Tetapi, lebih buruknya lagi, amalan-amalan buruk yang selalu dilanggengkan olah teman, kerabat, bahkan anak, bahkan cucu, adalah berkat pengajaran kita, heh. Jangan lah ya Allah, Engkau biarkan kami berdebat di ciptaan-Mu yang paling pedih, sadis, siksa.

قَالُوا رَبَّنَا مَنْ قَدَّمَ لَنَا هَذَا فَزِدْهُ عَذَابًا ضِعْفًا فِي النَّارِ۞وَقَالُوا مَا لَنَا لا نَرَى رِجَالا كُنَّا نَعُدُّهُمْ مِنَ الأشْرَارِ۞أَتَّخَذْنَاهُمْ سِخْرِيًّا أَمْ زَاغَتْ عَنْهُمُ الأبْصَارُ۞إِنَّ ذَلِكَ لَحَقٌّ تَخَاصُمُ أَهْلِ النَّارِ۞

“Mereka berkata (lagi): "Ya Tuhan kami; barang siapa yang menjerumuskan kami ke dalam azab ini maka tambahkanlah azab kepadanya dengan berlipat ganda di dalam neraka." Dan (orang-orang durhaka) berkata: "Mengapa kami tidak melihat orang-orang yang dahulu (di dunia) kami anggap sebagai orang-orang yang jahat (hina).” Apakah kami dahulu menjadikan mereka olok-olokan, ataukah karena mata kami tidak melihat mereka?" Sesungguhnya yang demikian itu pasti terjadi, (yaitu) pertengkaran penghuni neraka. (QS. Shad:61-64).

Maka, kematian diri adalah kehilangan yang sebenarnya. Akhir adalah kunci. Begitu lah Islam mengajarkan. Bahkan seandainya Fir’aun tidak menunda pertobatannya, maka siapa yang menjamin dia tidak masuk surga kecuali Allah? Sekelas Fir’aun pun, jika dia bertobat dengan sebenarnya, apakah Zat Yang Maha Lembut tidak sudi mengampuninya? Sehancur-hancurnya orang berbuat, berkiprah dalam kejahatan, selama nafas belum di ujung tenggorokan, maka dengan izin-Nya, Ia jamin bahwa pintu tobat selalu terbuka. Namun, alangkah nahas, tobat yang kita lakukan sekedar manis di mulut. Lantak lah situ. Ya Allah, walaupun tobat kami semu, rapuh, sirna, ajarkan lah kami untuk selalu memperbarui tobat kami, selalu memperbaikinya, selalu menjaganya. Di kala Baginda Saw. bertobat seratus kali dalam sehari dan aku pikir, dosa apa yang telah beliau lakukan sedangkan beliau maksum, terjaga, bebas, suci, dari dosa? 

Maka, dengan sangat rendah, dengan kerendahan hati seorang hamba yang absolut, mutlak, beliau mengatakan,
“Tidak pantas kah aku menjadi hamba yang bersyukur?”

Dan kematian beliau masih saja memikirkan umat? Come on man? Logis tidak? Jelas logis! Lebay tidak? Jelas tidak! Entah sebersih apa hati Baginda Saw. yang masih saja memikirkan umatnya terutama umat akhir zaman yang hina dina, berzina setiap saat, sombong setiap saat, dusta setiap saat, lalai setiap saat, dan masih saja menjadikan makhluk yang bergoyang di atas panggung sebagai idola. YA LAYTANII, YA LAYTANII, YA LAYTANII KUNTU TURABA! Alangkah aku lebih baik menjadi tanah ya Nabi, ya Rasul, ya Habib?

Terutama orang yang kehilangan seuput nikmat Tuhan Yang Maha Murka, Maha Lembut, Maha Bijaksana. Ya, kacamata itu.

Dengan kemuliaan Allah Yang Abadi, maka ada hikmah yang aku dapati pada QS. An-Nur:30,

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".

Mudah-mudahan ini adalah bisikan hikmah yang Allah berikan, betapa mulianya Al-Qur’an. Tanpa kacamata, dengan menundukkan pandangan, dengan bismillah biidznillah, debu, polusi, apapun, yang merusak mata dengan berasaskan ibadah, dengan izin-Nya, tidak akan mengiritasi ataupun merusak mata. Toh, kalau rusak dengan alasan yang syar’i menjadi ujian tersendiri. Seperti seharusnya menjadi kebahagiaan orang yang rabun tidak melihat secara jelas bungkus manusia berjalan atau seorang lelaki yang menggoda iman. Lalu, kehilangan se-per tidak terbatas nikmat dari Allah adalah hikmah, adalah rahmah, adalah barokah, bagi kedua mata yang banyak berlumur dosa ini. Dan aku pun tidak dapat menjamin setelah tulisan ini dibaca, apakah mata ini tetap jelalatan atau tidak. Aku berlindung dari keburukan makhluk kepada Sang Khaliq.


الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

0 komentar:

Posting Komentar